Pemilik Saham Terbesar Dunia Warren Edward Buffett – Dikalangan investor dan pebisnis, sosok Warren Buffett sudah tidak asing lagi. Warren adalah seorang ahli saham yang menjadi motivasi banyak orang, Investor bertangan dingin ini terus membuktikan kemahirannya.

  • Nama Lengkap : Warren Edward Buffett
  • Lahir : 30 Agustus 1930
  • Pekerjaan : Chairman & CEO, Berkshire Hathaway
  • Istri : Susan Buffett (1952–2004) & Astrid Menks (2006-sekarang)
  • Kekayaan : US$88,3 milliar

Warren Edward Buffett

Investor Terkaya Dunia Warren Edward Buffett

Berawal dengan membaca buku berjudul “One Thousand Ways to Make $1000” umum Omaha pada usia 7 tahun. Warren pertama kali membaca buku ini sempat berniat untuk tidak berkuliah, namum ibunya selalu memberikan masukan & dukungan agar dirinya tetap menyelesaikan pendidikan sarjana.

Warren Edward Buffett

Warren pada abad ini masuk menjadi orang terkaya di dunia no-4 dan cukup berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sektor finansial global. Sebagai Chief Executive Officer (CEO) konglomerat multinasional, Warren suka membagikan kunci dirinya untuk sukses.

Dimulai pada tahun 1970, Warren Buffett menjadi CEO dan direktur perusahaan Berkshire Hathaway Inc. Kemudian dia membeli 40 hektar peternakan di Nebraska seharga US$1200. Properti pertama Warren Buffett ini dibeli saat ia berumur 15 tahun. Dengan properti saham ini dirinya bisa mengembangkan saham lainnya dan bekerjasama dengan perusahaan besar lainnya seperti: American Express, Dairy Queen, Helzberg Diamond, NetJets, dan Kraft Heinz Company.

Cara Investasi Saham Ala Warren Buffett

  • Berinvestasilah di industri dan perusahaan yang dikenal

Agar modal saham bisa berkembang secara efkektif, maka Warren memilih melakukan investasi pada perusahaan yang memang benar-benar dikenalnya. Jadi, pastikan buat melakukan riset mendalam tentang industri maupun perusahaan tertentu sebelum memutuskan menanam modal di sektor tersebut.

  • Miliki Kriteria Untuk Beli Saham

Warren Buffett sempat mengungkapkan bahwa salah satu strateginya dalam membeli saham adalah menentukan terlebih dahulu apakah saham tersebut tergolong kategori menguntungkan. Umumnya, kriteria yang harus diperhatikan meliputi jenis perusahaan, harga saham, serta rata-rata rasio keuntungan dalam jangka waktu 6 bulan terakhir.

  • Waktu Untuk Jual Saham

Warren sangat memperhatikan secara baik perhitungan waktu untuk menjual saham yang tepat. Salah satu rahasianya adalah dengan melakukan penjualan saham ketika perkembangan perusahaan tempat penanaman modal sudah melenceng dari perkiraan keuntungan atau kriteria yang ditetapkan di awal.